survei

Buat temen temen yang pengen dapat tambahan
silahkan liat disini

Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/zami/

Budidaya dan manfaat tanaman Hydrangea/ hortensia

Biasa ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan atau di taman-taman. Perdu menahun ini tegak, berbatang kuat, warnanya hijau sewaktu muda, dan mempunyai tinggi 0,5--1 m. Daun tunggal, bertangkai, letaknya berhadapan bersilang. Helaian daun lebar dan tebal, bentuknya bulat telur, pangkal dan ujungnya runcing, tepi bergerigi, tulang daun menyirip, warna permukaan hijau tua, dan bagian bawah hijau kekuningan. Perbungaan majemuk, keluar dari ujung tangkai, membentuk rangkaian yang membulat dengan diameter dapat mencapai 20 cm, warnanya putih, merah muda, dan akan menjadi biru.
Untuk mengimplementasikan teknik pembudidayaan hydrangea, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis tanaman yang akan Anda tanam. Ada banyak varietas yang berbeda, semuanya bisa tumbuh hingga ketinggian yang berbeda-beda, berkembang lebih baik di lingkungan tertentu, dan memerlukan tingkat perawatan yang berbeda.
Untuk kebanyakan jenis, postur tanaman hydrangea sangat besar dan indah. Langkah pertama, tentukan area di mana Anda ingin menanamnya, karena ini akan membantu Anda dalam menentukan jenis tanaman tertentu sesuai tinggi yang Anda inginkan. Tanaman hydrangea bisa tumbuh di mana saja dan tingginya bisa mencapai 4 - 12 meter, sehingga boleh jadi Anda bisa memasukkan dalam pertimbangan ketika bercocok tanam.
Selain itu, memilih lingkungan mungkin adalah hal yang paling sulit dalam metode pembudidayaan hydrangea. Anda harus benar-benar memperhatikan perihal lokasi tempat Anda menanam.
Perhatikan jumlah sinar matahari yang masuk ke lokasi, serta pada saat kapan mendapatkan sinar matahari paling banyak. Sebagian besar hydrangea berkembang di daerah yang menerima cukup sinar matahari. Yang terbaik adalah saat tanaman menerima sinar matahari penuh di pagi dan sore hari.
Selanjutnya, letakkan di daerah di mana tanaman akan terlindung dari angin. Di daerah yang ditiup angin kencang, daun akan mengering dan menyebabkan tanaman mengalami tekanan ekstensif.
Hydrangea termasuk jenis tanaman yang sangat mudah ditanam dan tidak terlalu repot merawatnya, serta dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Namun, Anda tetap harus memeriksa kondisi tanah dan memastikan kelembabannya terjaga karena sangat penting bagi tanaman. Anda tidak perlu memikirkan apakah tanaman tumbuh di tanah dengan kadar pH yang lebih rendah, karena bagaimanapun juga, Anda akan menemukan bahwa tanah itu sendiri bisa memiliki dampak langsung terhadap warna tanaman ketika mekar.
Waktu Terbaik Menanam
Waktu terbaik menanam hydrangea adalah pada awal dan selama musim gugur. Anda harus memeriksa area tempat Anda menanam dan pastikan Anda memberi pupuk dalam campuran tanah. Mengetahui ukuran lingkar akar tanaman Anda, akan membantu Anda dalam menentukan lebar lubang yang dibutuhkan untuk menggali. Saat menggali tanah, beri jarak lebih untuk udara. 
Perawatan Hydrangea
Perawatan hydrangea relatif mudah. Anda hanya butuh memangkasnya untuk memastikan tanaman sehat. Pemupukan dianjurkan sebanyak dua kali setahun yakni pada akhir musim gugur dan awal musim semi.
Disarankan bahwa, saat pemupukan, Anda menggunakan senyawa yang tidak mudah menguap. Pastikan memberi pupuk secukupnya, jika berlebihan menyebabkan tanaman tidak bisa berbunga. 
Kegunaan/Manfaat Kembang Bokor
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Kembang bokor rasanya pahit dan sedikit pedas, sifatnya dingin, sedikit toksik. Berkhasiat sebagai antiradang dan antimalaria.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Bagian yang tanaman yang digunakan sebagai obat adalah herba dan akarnya. Bisa digunakan segar atau yang telah dikeringkan.

INDIKASI
Herba kembang bokor digunakan untuk mengatasi:
- malaria, demam,
- gelisah (ansietas),
- sakit tenggorok.

CARA PEMAKAIAN
- Untuk obat yang diminum, gunakan 9-15 g bunga herba kembang bokor yang direbus.
- Untuk pemakaian luar cuci herba secukupnya, lalu rebus. Airnya digunakan untuk mencuci ekzema pada kantung buah zakar dan kurap.

CONTOH PEMAKAIAN DI MASYARAKAT
Malaria
Rebus herba kembang bokor dan daun murbei (Morus alba L.) (masing-masing 9 g) dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum dua jam sebelum terjadi serangan malaria.

Sakit tenggorok
Cuci akar segar kembang bokor secukupnya, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan cuka apel yang telah diencerkan secukupnya, giling sampai halus, lalu peras. Gunakan airnya untuk kumur tenggorok (gargle).

Ekzema pada kantung buah zakar
Cuci herba kembang bokor, herba bayam duri (Amaranthus spinosus L.), dan daun ketepeng cina (Cassia alata L.) secukupnya, lalu rebus sampai mendidih. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci dan mengompres bagian yang ekzema.

3 comments:

  1. Thanks postnya ^^
    Saya tertarik untuk bertanam hydrangea

    Karena baru pertama kali mulai bertanam

    Ada info untuk mendapatkan bibitnya dimana thanks

    Pure_milkys@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau bibit bagus di kawasan arah bromo banyak,

      Delete
  2. Hello dj denis, sy suka postinganmu. Kebetulan d rmh hydrangea udh besar. Yg ingin sy tnyakan, bagaimana proses pembibitanny?

    ReplyDelete