survei

Buat temen temen yang pengen dapat tambahan
silahkan liat disini

Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/zami/

Burung Perkutut Putih yang khas


Tidak semua pedagang perkutut memiliki perkutut putih yang dijual. Sebanrnya burung perkutut putih memang ada tapi sangat jarang ditemui dan kadang orang sampai meragukan warna bulu putihnya. Burung ini sulit didapat, karena populasinya yang terbatas. Seorang pedagang perkutut di Jakarta mengaku hanya memiliki seekor perkutut diantara puluhan perkututnya. Ia berencana akan mengawinkan perkutut putihnya itu dengan perkutut biasa, agar menurunkan perkutut putih. Kalau berhasil ia akan menawarkan dengan harga jutaan per ekor.

Orang lain yang sudah menangkarkannya secara serius adalah Nelson Yusuf. Penggemar sekaligus pedagang perkutut di Bandung ini telah mencoba menangkarkannya. Meskipun diakui cukup sulit, namun tangkarannya itu telah menghasilkan 7 perkutut putih yang mulus.


Kekhasan Perkutut Putih

Perkutut putih sebenarnya adalah perkutut albino, menurut seorang kurato ornitologi, kedua induk perkutut albino ini adalah perkutut-perkutut biasanya. Karena masing-masing induknya membawa gen putih, maka bisa saja satu di antaranya berbulu putih. Karena itulah, perkutut putih ini terbilang langka. Bulu putih itu bisa sedikit terselip di antara bul aslinya, atau malah seluruh tubuhnya dipenuhi bulu putih seperti perkutut putih.

Bentuk dan ukuran tubuh perkutut putih ini seperti perkutut biasa, akan tetapi paruh dan kukunya putih, sedangkan matanya merah. Kalau ciri paruh, kuku, dan matanya tidak demikian berarti perkutut putih itu palsu, karrena biasanya diputihkan atau di cat.

Keistimewaan perkutut putih menurut Nelson hanya pada warna bulunya yang putih mulus. Suaranya sama saja dengan perkutut biasa.

Usaha Penangkaran

Menurut Nelson, selama bertahun-tahun menangkarnya, ia hanya mendapat 7 ekor anakan perkutut putih. Nelson memiliki cara untuk menjodohkan perkutut putih dengan perkutut biasa. Menurut Nelson, jangan menjodohkan perkutut betina putih dengan pejantan perkutut biasadalam satu kandang. Kalau dijodohkan seperti itu perkutut jantan akan stres karena takut melihat pasangannya yang berwarna putih.

Perkutut putih yang dikawini perkutut biasanya umumnya 50% ketururnannya berwarna putih dan lainnya biasa. Anakan perkutut berbulu biasa justru lebih dominan. Akan tetapi, kalau anakan tadi saling dikawinkan justru memiliki kemungkinan untuk  menghasilkan anakan berbulu putih. Kesullitan menghasilkan perkutut putih inilah yang mebuat perkutut albino ini langka dan harganya mahal.


Perawatan

Perawatan perkutut putih sama dengan perkutut pada umumnya. Supaya tetap sehat, perkutut putih mendapatkan sinar matahari cukup, tidak banyak terkena angin, dan air minumnya harus selalu bersih. Untuk menjaga kesehatannya, perkutut putih ini perlu juga di beri vitamin B12 khusus burung.

3 comments:

  1. bapak ane punya sepasang perkutut putih gan, mulus full putih. Kalo ada yang minat mau tak jual 2,25 Juta sepasang, nego. minat hubungi 087838500471.

    ReplyDelete