survei

Buat temen temen yang pengen dapat tambahan
silahkan liat disini

Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/zami/

Meningkatkan Kualitas Melon dengan Heigrow




Sebelum ditemukan heigrow, pekebun di Situbondo masih menggunakan kresek atau kantung pplastik bening untuk membungkus melon. Heigrow adalah semacam pembungkus yang berfungsi ganda, yaitu melindungi buah dari serangan hama dan membuat kulit buah lebih mulus. Itu karena heigrow terbuat dari bahan nonwoven bertekstur lembut, pori kecil, dan ringan. Dengan sifat-sifat itu ia mampu menyelimuti melon secara sempurna, tanpa merusak kulit atau menghambat sirkulasi udara.




Agar terhindar dari serangan hama, warna kulit pucat dan belang terjadi, penggunaan heigrow ini sangat penting. Itu lantaran uap uap air tertahan dalam plastik lalu mengembun dan menempel di kulit. Akibatnya peanmpilan buah kurang menarik sehingga menurunkan daya jual apabila memakai selain heigrow.

Pekebun Situbondo

Salah satu pekebun di Situbondo sudah merasakan manfaat heigrow, akhirnya kualitas melon meningkat hingga bisa memenuhi standar ekspor. Kini cukup menggunakan heigrow, minimal 95% dari melon yang dipanennya masuk standar ekspor.

Melon dibungkus ketika masih seukuran telur ayam. Pilih buah yang pertumbuhannya sempurna. Masukkan kantong heigrow dari bagian bawah buah, lalu ikat di pangkal tangkai. Pastikan setiap kantong hany berisi satu buah agar sirkulasi udara baik. Kantong terlihat longgar karena ukuran buah jauh lebih kecil. Namun, sejalan dengan pertumbuhan buah, lambat laun akan pas.

Pekebun Banyumas

Pengalaman lain seorang pekebun di Banyumas. Melonnya 100% diterima pasar awalayan karena memakai heigrow. Pria pekebun itu melakukan pembungkusan setelah jaring buah terbentuk, jika dibungkus sebelum membentuk jaring, hasilnya kurang bagus. Mungkin karena saat itu buah perlu sinar matahri penuh. Resikonya, lalt buah dapat masuk sebelum heigrow dipasang.

Menurut seorang pakar, pemakaian hegrow tak akan memberatkan pekebun. Biayanya murah dibandingkan biaya tambahannya. Di pasaran heigrow tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Untuk melon, kategorinya XL, 30 cm x 40 cm. Semangka  memakai ukuran lebih besar, XXL. Bentuknya selain bulat ada juga yang bulat memanjang.

No comments:

Post a Comment