survei

Buat temen temen yang pengen dapat tambahan
silahkan liat disini

Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/zami/

Besar dan Manis ala Jambu Air Bangkok



Artikel selanjutnya, mengenai jambu air, jenis jambu air sangat banyak, forum penjelasan ini akan membahas mengenai jambu air bangkok. Dalam pembahasan selanjutnya akan tersedia banyak info dan bahasan yang bisa di pahami.

Pertama kali dikembangkan oleh 'Dewi Jaya', penangkar bibit di Pondok Gede, Bekasi (Jabar). Konon, rasa dan warna dari jambu air ini tergolong istimewa. Bentuk buahnya agak berbeda dengan jambu air pada umumnya. Jambu air iini jauh lebih gemuk, panjangnya dapat mencapai 6-7 cm dengan diameter sekitar 5 cm. Warna buah yang masih muda hijau kekuningan, tapi yang tua merah dengan garis-garis hijau kekuningan. Sayangnya jambu air bangkok ini bijinya agak besar.

Menurut seorang penangkar bibit, kadang-kadang ada juga buah jambu air bangkok yang tidak berbiji. Ternyata, jambu ini bukan hanya ukurannya yang besar, rasanyapun lebih manis dari jambu lilin. Kandungan airnya lebih sedikit, sehingga agak kering dan daging buahnya agak keras.

Keistimewaan yang lain dari buah ini adalah bunga dan buahnya tidak mudah rontok. Menurut Suryana, Seorang staf kebun pembibitan, tingkat kerontokan bunganya hanya sekitar 25%, sedangkan jambu air yang lain sekitar 50 %. Jambu air bangkok ini tergolong lebat buahnya.

Perbedaan antara pohon jambu ini dengan yang lain adalah bentuk dan tajuknya yang melebar dan percabangannya yang lebih banyak. Daunnya besar, bila pohonnya subur panjang daunnya dapat mencapai 25 cm dengan lebar 15 cm. Urat-urat daun bergelombang dan melengkung ke atas bila sore hari. Daun-daun pucuk berwarna hijau kekuningan, sedangkan daun yang tua berwarna hijau tua.

Sebenarnya, cabang dari pohon ini tergolong kuat, tapi tidak kuat untuk menopang buahnya yang banyak dan besar-besar itu. Karena itu, bila buahnya terlalu lebat, harus dijarangkan atau diberi penopang. Setiap tandan biasanya berisi 10-11 buah. Agar bisa mencappai ukuran maksimum dan juga agar cabangnya tidak patah, buah yang dipelihara sebaiknya tinggal 4-6 buah per tandan.

Saat ukuran buahnya sudah mulai sama dengan jambu air lain, biasanya pada umur 1,5-2 tahun. Jambu air ini juga tidak tahan terhadap lalat buah. Karena itu buahnya harus dibungkus agar tetap mulus.

No comments:

Post a Comment