survei

Buat temen temen yang pengen dapat tambahan
silahkan liat disini

Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/zami/

Mengenal Anggur Chifung dan Chinsiang

Semakin banyaknya varietas anggur yang masuk ke Indonesia membuat petani kita memulai membudidayakannya, antara lain anggur Australia dan Pakistan. Selain dari keduanya, ada juga anggur dari Taiwan yaitu Chifung dan Chinsiang yang telah ditanam oleh Kebun Grati Agung, Pasuruan.


Rasanya Manis dan Menyengat

Bukan tanpa alasan PT Kebun Grati Agung membawanya jauh-jauh dari Taiwan. Menurut Sri Ranto, anggur Taiwan itu rasanya lebih manis dibandingkan dengan anggur yang kebanyakan dijual  dipasaran. Selain itu. aroma dan rasa winenya juga lebih kuat.

Karena itu, kedua anggur dari taiwan itu banyak disukai dan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan anggur jenis lain. Yang juga menggembirakan ialah, anggur chifung yang ditanam di Kebun Grati Agung rasanya lebih manis daripada yang ditanam di negara asalnya, meskipun produksinya lebih rendah. Menurut pengamatan, rendahnya produksi itu karena jumlah tros (malai buah) tiap tanaman dan jumlah buahnya tiap malai masih sedikit. Selain itu, ukuran buahnya tidak maksimal.

Seorang peneliiti anggur pernah mengatakan bahwa kedua anggur asal Taiwan itu perakarannya kurang baik. Oleh karena itu, meski perlu di grafting dengan anggur lokal sebagai batang bawahnya.

1. Anggur Chifung

Buah anggur ini berwarna merash kecoklatan, dan terikat dalam satu dompolan yang panjangnya antara 18-26 cm. Lebar bagian pangkalnya 14-20 cm. Jumlah buahnya 116-129, dengan bobot 248-404 g tiap dompolan. Diameter buah anggur chifung sekitar 2 cm, sedangkan panjangnya kurang lebih 2,5 cm. Bobot tiap 10 buah sekitar 47 g. Kandungan biji hampir tidak ada, hanya berkisar antara 1-3 biji tiap buah. Produksi buah yang bisa dicapai di Kebun Grati Agung sekitar 5 kg tiap tanaman dan jenis anggur ini kurang tahan terhadap penyakit downy mildew.

2. Anggur Chinsiang

Buah anggur chinsiang yang sudah matang berwarna hijau bening. Buahnya berbentuk agak oval, ukurannya termasuk sedang. Buah ini bertekstur lunak dengan kandungan air  cukup tinggi. Bobot tiap dompolan buah rata-rata 200-250 g, meski ada juga yang bisa mencapai 300 g. Kelemahannya buah ini mudah rontok dibandingkan dengan chifung, tapi anggur ini lebih tahan terhadap penyakit downy mildew.

1 comment: