survei

Buat temen temen yang pengen dapat tambahan
silahkan liat disini

Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/zami/

Penyebab dan Solusi Burung Baru Mati


Ny. Nurhidayati, hobiis burung di Jakarta mengeluh, 2 ekor burung robin yang baru dibelinya mati dalam tempo 2 minggu. Sebelum dimasukkan dalam kandang, burung itu sempat lepas dan ditangkap kembali. "Penyebab kematiannya, ia mengalami ketakutan yang berlangsung terus-menerus. Agar burung itu tetap bertahan, kuncinya terletak pada penanganan di hari-hari pertama kedatangannya", Komentar Dr. Siti Nuramaliati Prijono, ornitolog dari Balibang Zoologi Bogor.

Contoh kasus seperti ini seringkali ditemui Dr. Nuramaliati Prijono. Menurutnya, hobiis biasanya ingin segera bermain atau sekedar mengamat-amati burung yang baru dibelinya dari pasar atau tempat lain. Dengan perlakuan seperti itu secara tidak sadar, ia menimbulkan stres bagi burung peliharaannya. Stres terjadi akibat si burung belum mendapatkan cukup waktu untuk mengenal lingkungan barunya.
Berikut saran-saran dari Nuramaliati, agar burung baru bisa bertahan;

Adaptasi cukup

Pada jam-jam pertama kedatangannya, istirahat dan ketenangan sangat penting. Si burung sebaiknya diletakkan di tempat yang sepi dan jangan diusik dulu. Ia dibiarkan menyendiri sehingga dapat mengenal sangkar dan lingkungannya dengan tenang.
Burung yang belum biasa dengan lingkungan baru sangat mudah ketakutan. Suara-suara yang mengejutkan bisa membuatnya panik. Ia akan menabrak-nabrak sangkar dan mungkin terluka. untuk menghindari hal ini, usahakan agar burung tidur dengan cara meredupkan lampu. Setelah kenal lingkungannya, lampu boleh dimatikan selama 10-12 jam setiap hari.Namun sebelumnya burung mesti ditaruh di tempat bertengger kesukaanya supaya ditak panik karena gelap.
Disaat seperti ini, tangan pemilik sebaiknya tidak sering masuk ke sangkar, kecuali untuk memberi makan dan minum.

Jangan Ubah Kebiasaan

Kebiasaan burung yang telah berlangsung lama bila diubah secara drastis akan menyebabkan stres. Kalau sebelumnya ia biasa ditempatkan di tenggeran, sebaiknya hobiis membiarkan sampai beberapa hari dulu sebelum diletakkan dalam sangkar, atau sebaliknya.
Hal lain yang menuntut perhatian adalah pakan. Seminggu pertama masa peralihan, menu tidak usah diganti terlebih dahulu. Apabila pemilik memandang perlu pergantian disarankan bertahap.Grit lebih baik ditinggalkan lantaran kondisi burung belum fit.Untuk mempercepat penyembuhan stres, pada air minum burung diberi obat anti stres, yang biasa dijula di toko pakan burung.
 Kebersihan juga tetap harus dilakukan pada sangkar dengan interval setiap hari satu kali dengan cara perlahan-lahan.

Perlu Isolasi

Agar burung baru tidak menularkan penyakit, sebaiknya ia diisolasi selama minimal 30 hari. Isolasi juga diperlukan bila burung akan disatukan dengan burung lain.Sangkar 'si pendatang baru' didekatkan atau dimasukkan dalam kandang yang berisi burung-burung lain. Bila ia sudah mampu mengenal sesamanya, dengan sendirinya ia akan keluar dan bergabung dengan yang lain.
Selama masa adaptasi, pemilik burung mesti memperhatikan peliharaan barunya. Jika burung sudah muklai berjalan-jalan, membersihkan bulu, dan mau makan serta minum, itu tandanya sudah tidak takut lagi. Namun sebaliknya, bila tidak mau makan atau minum, tampak lesu bulu berdiri, kepala ditaruh dipundak, mata tidak terbuka lebar, kotoran tidak normal, dan sering jatuh saat bertengger, menunjukkan bahwa burung sakit. Ini perlu penanganan secepatnya supaya tidak terlanjur parah.

1 comment:

  1. TOKO BURUNG
    Pemilik toko =Harry Santyo
    Alamat toko=
    Toko Burung 88. Bogor Baru blok A4 no 16 / Jln.Suryakencana 310 (apt.budiman), Bogor, Indonesia Bogor.
    Ane mau jual burung gan,

    Minat bisa hub\sms nmor=087740835625

    • Jalak Hongkong / Jalak Putih hongkong : Rp 900.000
    • Jalak Putih : 1.050.000
    • Poksay Impor : 1.100.000 - (tergantung usia)
    • Hwamey atau Wambie : 1.000.000
    • Harga Burung Kenari Yorkshire Rp. 2.100.000 (9 bulan)
    • Harga Burung Kenari Red Rp. 2.10.000 (7 bulan)
    • Harga Burung Kenari Norwich Ring Rp. 1.250.000 (9blan)
    • Harga Burung Kenari F2 YS Rp. 1.500.000 (5 bulan)
    • Harga Burung Kenari F2 yorkshire ring Rp. 1.150.000 (4 bulan)
    • Harga Burung Kenari F1 yorkshire bayi Rp. 1.050.000
    • Harga Burung Kenari F1 Rp. 1.050.000 (13 bulan)
    Harga burun
    Beo Rp 1.400.000
    Blackthroat Rp 950.000
    Cucakrowo
    Rp 3.000.000
    Jalak hongkong Rp 1.500.000
    Jalak putih Rp 1.200.000
    Kenari yorkhsire Rp 2.500.000
    Lovebird lutino Rp 2.000.000 / pasang
    MB Aceh Rp 1.200.000
    MB Medan betina Rp 1.200.000
    MB Medan jantan Rp 1.500.000
    TERIMAHKASI

    ReplyDelete